Perempuan Bicara

Hari AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2014. Kami dari Yayasan Spirit Paramacitta bekerjasama dengan Yayasan Bali Sruti mengadakan Live di Televisi yakni TVRI. Dengan topik  “ HIV dan AIDS Terkini” . Presenter menyampaikan bahwa tema hari AIDS Sedunia adalah “ Lindungi anak dan keluarga dari HIV dan AIDS”.

Bagaimana saat ini perkembangan kasus- kasus yang terjadi, kami dengar makin hari makin meningkat, apakah ini merupakan kegagalan dari program atau bagaimana ?

Utami : perkembangan kasus untuk periode 2013 ada 8000 kasus HIV di Bali dan periode Nopember 2014 terjadi peningkatan menjadi 9400. Melihat ini bukan merupakan kegagalan namun terlihatnya gunung es yang mulai mencair artinya dalam fenomena gunung es terdata sedikit terlihat di puncaknya saja sekarang dengan adanya program – program pemerintah yang cukup konsen khususnya VCT di 9 kabupaten di Bali sehingga mulai banyak masyarakat yang melakukan tes darah HIV serta di tambah lagi adanya program dari dinas kesehatan di puskesmas-puskesmas ibu hamil disarankan untuk melakukan tes darah HIV untuk melindungi anak agar tidak tertular begitu juga jika di puskesmas ada beberapa yang mengalami TB atau Tuberkolosis disarankan untuk Tes HIV juga. Dengan adanya progam inilah kasus–kasus baru mulai muncul dan terlihat. Selain itu juga masyakarat yang sebelumnya sudah terinfeksi dan saat ini mulai kelihatan gejala-gejala infeksi opportuniknya. Dampaknya terlihat terjadi peningkatan.

Yang menjadi langkah kita adalah Bagaimana caranya supaya tidak terjadi kasus-kasus baru dan mencegah tingkat kesakitan serta tingkat kematian dari teman–teman odha yang sudah tirinfeksi HIV .

Sejauhmana perhatian pemerintah saat ini ?

Pemerintah sudah merancang sebuah Perda  HIV dan AIDS dan bahkan sudah ada di beberapa kabupaten di Bali  sehingga ada  alokasi anggaran dari Pemerintah daerah untuk progam ini. Hanya program-program yang dijalankan memang belum maksimal dalam memenuhi kebutuhan dukungan  Odha di kabupaten  Bali.

 Apa harapan Ibu Utami kedepan kepada masyarakat ?

Kadang sebagian dari respon masyarakat tidak begitu peduli akan HIV dan AIDS ini karena bukan bagian dari masalah mereka. Harapan saya adalah jangan sampai menunggu virus itu datang kepada keluarga kita, sehingga perlu kepedulian masyarakat untuk menjaga dirinya untuk tetap berperilaku yang aman dan dan jika merasa diri berisiko gunakanlah kondom dan jika ada salah satu keluarga yang terinfeksi jangan kucilkan mereka dukungan dan motivasi adalah obat buat teman-teman odha untuk meningkatkan kualitas hidupnya kedepan.

Share This :
This entry was posted in Aktivitas. Bookmark the permalink.

Comments are closed.