Edukasi Karyawan Centro-Kuta

Inisiasi yang luar biasa dari Centro mengundang kami dari Spirit Paramacitta untuk memberikan edukasi kepada karyawannya terkait HIV dan AIDS. Telah hadir hampir lima puluh peserta dan beberapa pengunjung Centro memperhatikan apa yang kami sampaikan mengenai dasar-dasar HIV dan AIDS,  pencegahannya, penularannya dan bagaimana mereka mendapatkan tes HIV secara sukarela dan gratis, serta mengubah mitos-mitos yang berkembang di masyarakat terkait HIV dan AIDS. Yang sangat menarik buat peserta adalah seperti apa orang dengan HIV dan AIDS dan bagaimana mereka seharusnya memperlakukan Odha (orang dengan HIV dan AIDS agar bisa diterima di masyarakat).

Setelah edukasi diberikan acara diselingi dengan musik, peserta diberikan kesempatan untuk donor darah, sudah disiapkan oleh PMI Bali. Antusias para peserta terlihat saat mereka melontarkan beberapa pertanyaan, antara lain;

Kemana mereka harus diajak  jika salah satu teman kita  terinfeksi virus HIV  atau sudah pada fase AIDS ? dan kemana mengakses obat ARV tersebut ?

Mereka bisa mendapatkan konseling sebaya (konseling sesama positif), dan jika  sudah mengalamai fase AIDS sebaiknya dirujuk ke rumah sakit Sanglah untuk mendapatkan perawatan dan bisa memulai terapi ARV.  ARV juga disediakan di Klinik VCT dan CST  rumah sakit Sanglah dan obat bisa diakses secara gratis.

Apakah orang dengan HIV boleh memiliki keturunan dan langkah – langkah apa yang harus dilakukan ?

Orang dengan HIV boleh memiliki keturunan dan sebaiknya konsultasi dengan dokter PMTCT (Prevention Mother To Child transmission) di Sanglah untuk mendapatkan intervensi serta  langkah-langkah  yang harus dilakukan jika punya anak dan tidak menularkan pada anak dan pasangan.

Kami dari Paramacitta juga membagikan hadiah, jika peserta bisa menjawab pertanyaan fasilitator.  Untuk informasi lebih lanjut kepada peserta disampaikan ada board disamping panggung jika  peserta butuh  infomasi yang lebih lengkap.

Share This :
This entry was posted in Aktivitas. Bookmark the permalink.

Comments are closed.