Pertemuan Koordinasi KDS-Bali @Juli2015

Pertemuan koordinasi KDS (Kelompok Dukungan Sebaya) Bali  diadakan  di Kantor Yayasan Spirit Paramacitta pada tanggal 16 juli 2015. Peserta pertemuan adalah perwakilan pengurus dari seluruh KDS di Bali. Pertemuan ini bertujuan saling berkoordinasi antar Kelompok Penggagas (KP) Paramacitta dengan 10 KDS –Bali. Momen ini digunakan untuk berbagi hal-hal  yang perlu diperbaiki bersama-sama secara terbuka untuk perbaikan program kegiatan dukungan buat teman-teman KDS di Bali .

Agenda pertemuan kali ini adalah Brainstorming (curah pendapat)  terkait pemberdayaan klien berdasarkan pemahaman KDS dan KP. Paramacitta, sosialisasi standar pendampingan Odha baru yang diterima oleh software program Data Sinu. Pertemuan ini juga membahas hasil performa KDS dan rencana kedepan serta hasil review perbaikan laporan keuangan dari Spiritia–Jakarta yang perlu ditindaklanjuti.

Hasil yang diharapkan dari pertemuan tersebut adalah adanya persamaan persepsi terkait Pemberdayaan klien serta semua pengurus KDS sepakat dan memahami sistem baru yang dibuat dan dapat dijalankan. Masing- masing KDS juga diharapkan memiliki rencana tindak lanjut untuk perbaikan pelaporan dan program kegiatan kelompok serta mempunyai panduan hal–hal yang perlu diperbaiki dalam pelaporan keuangan.

Membangun antusiasme dan keseriusan merupakan Pe-Er bagi dalam pertemuan koordinasi ini. Ketidakhadiran salah satu perwakilan KDS, keterlambatan peserta dan partisipasi yang tidak tuntas hingga akhir kegiatan masih mewarnai pertemuan ini. Dampaknya beberapa materi dan informasi  yang didapat tidak lengkap sehingga belum bisa ditindaklanjuti.

Menyikapi hal ini, beberapa rekomendasi dibuat antara lain menegaskan kepada salah satu KDS untuk dapat mendelegasikan perwakilan dari KDSnya jika berhalangan hadir. Mengingatkan kepada KDS untuk disiplin dan datang lebih awal. Memberikan sanksi khusus untuk peserta yang pulang lebih awal. Hingga mempertimbangkan kelanjutan kerjasama untuk KDS yang perfomanya kurang dan tidak ada peningkatan.

Menjadi pelajaran berharga kedepannya Jika KDS tidak mengikuti  prosedur yang ditetapkan oleh KP. Paramaciita  baik dalam pelaporan keuangan, kegiatan dan pendataaan dampingan. Putu Ayu Utami Dewi, direktur Yayasan Spirit Paramacitta mengatakan hal tersebut menjadi pertimbangan yayasan untuk bekerjasama secara formal kedepanya agar perbaikan performa organisasi dapat berjalan maksimal. “Butuh keseriusan dari KDS  bersama–sama dan sinergis memperbaiki performa kerja  untuk membangun  kepercayaan lembaga pendukung dan publik” Tegas Ayu Utami pada penutupan kegiatan.

Share This :
This entry was posted in Aktivitas. Bookmark the permalink.

Comments are closed.