Program

Saat ini YSP sedang menjalankan program dukungan/pendampingan bagi orang yang terinfeksi HIV, yaitu;

1. Konseling HIV dan dukungan emosional
Layanan konseling bisa diakses oleh siapa saja tanpa dikenakan biaya. YSP menyediakan 2 orang konselor berpengalaman sejak tahun 2002. Layanan konseling bisa diakses dari hari Senin sampai Jumat, dari jam 09.00, sampai 17.00 Wita.

2. Pendampingan bagi orang terinfeksi HIV yang sedang bermasalah dengan kesehatan dan terapi pengobatannya, khusus nya terapi ARV
Program ini sudah berjalan sejak tahun 2004. Kegiatan pendampingan dilakukan bertujuan untuk memberikan dukungan emosional bagi Odha yang bermasalah dengan kesehatannya dan mendorong meningkatkan kepatuhan terapi pengobatan. Pendampingan ini dilakukan oleh relawan yang sudah terlatih di bidang HIV. Selain mendampingi Odha, relawan juga dapat memberikan informasi dan dukungan bagi keluarga/pasangan Odha yang membutuhkan. Kegiatan pendampingan ini melibatkan 50 orang relawan di seluruh Bali (Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Buleleng, Jembrana, Gianyar, Karangasem, Bangli, Klungkung dan Tabanan)

3. Pemberdayaan Odha Melalui Pembentukan Dan Pengembangan Kelompok Dukungan Sebaya (KDS)
Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan Odha dalam penanggulangan HIV di wilayahnya masing-masing. Sampai saat ini telah dan aktif KDS di seluruh Bali, dengan jumlah anggota aktif sekitar 150 orang.

4. Peningkatan pengetahuan dan ketrampilan terkait dengan HIV dan Pengobatannya
Bentuk kegiatannya adalah pelatihan-pelatihan berkala yang melibatkan Odha, keluarga /pasangan dan masyarakat umum yang peduli dengan permasalahan HIV. Pelatihan-pelatihan yang diberikan meliputi: pengetahuan dasar HIV dan pengobatanya, pasien berdaya, public speaking, pendidik pengobatan dll. Pelatihan ini melibatkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, seperti tenaga medis dan profesi lainnya

Share This :

Comments are closed.